ANGGARAN RUMAH TANGGA YAYASAN TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGULI (ART YTIT)

ANGGARAN RUMAH TANGGA
YAYASAN TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGULI
(ART YTIT)
ANGGARAN RUMAH TANGGA
YAYASAN TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGULI
BAB I
NAMA DAN LAMBANG
Pasal 1
Nama, Asas dan Kedudukan
  1. Yayasan ini bernama YAYASAN TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGULI disingkat YTIT.
  2. YTIT berasas Islam dan Pancasila
  3. YTIT berkedudukan di desa Tengguli Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara
  4. YTIT bisa membuka kantor cabang di tempat lain berdasarkan keputusan Pengurus dengan persetujuan Pembina.
Pasal 2
Lambang
logo Final 3
  1. Unsur Lambang
    a. Lima garis lengkung berwarna hijau
    b. Lima garis lengkung berwarna biru
    c. Kelima garis warna hijau dan biru menyatu di ujung bawahnya, sehingga membentuk huruf “V”
    d. Satu lingkaran berwarna kuning
    e. Semua gambar mempunyai garis tepi berwarna hitam
  2. Arti Lambang
    a. Lima garis berwarna hijau dan biru yang membetuk huruf melambangkan Pancasila dan rukun Islam sebagai asas yayasan.
    b. Empat garis putih di antara garis hijau dan biru melambang Al-Qur’an, Hadits, Ijma’ dan Qiyas
    c. Lingkaran berwarna kuning menggambarkan bulan purnama yang mampu menerangi kegelapan
  3. Arti Warna
    a. Putih berarti kesucian
    b. Kuning berarti keunggulan
    c. Hijau berarti kesuburan
    d. Biru berarti keteguhan
    e. Hitam berarti keadilan
  4. Penggunaan Lambang
Lambang yayasan digunakan untuk :
  1. Kop surat
  2. Papan Nama
  3. Bendera
BAB II
KEBIJAKAN DAN STRATEGI DASAR
Pasal 3
Visi dan Misi
Visi
Terwujudnya Yayasan Islam yang Profesional,  Mandiri dan Berkualitas
Misi
  1. Menyelenggarakan lembaga pendidikan formal dan non formal yang berlandaskan aqidah Ahlusunah Waljama’ah.
  2. Mengembangkan potensi guru, karyawan dan peserta didik secara utuh dan
  3. Membentuk pribadi muslim yang beriman dan bertaqwa, berkarakter kuat, sehat, cerdas, disiplin, kreatif dan inovatif.
  4. Membangun ekonomi melalui Koperasi
  5. Menyelenggarakan Program Dakwah dan Sosial
Pasal 4
Nilai dan Prinsip Dasar
  1. Mengembangkan lembaga pendidikan yang sudah ada, sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
  2. Mewujudkan koperasi sebagai sarana pengembangan perekonomian
  3. Mewujudkan dakwah nyata dalam rangka membantu pemerintah megurangi kesenjangan status sosial
Pasal 5
Posisi dan Peran
  1. Yayasan sebagai penyelenggara Lembaga Sosial, kemanusiaan, dan keagamaan.
  2. Yayasan menyusun program jangka panjang yang selanjutnya masing-masing lembaga menyusun program jangka menengah
  3. Yayasan melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan setiap program masing-masing lembaga
Pasal 6
Bentuk Kelembagaan
  1. Lembaga pendidikan yang menangani bidang pendidikan formal maupun non formal
  2. Lembaga sosial yang menangani bidang kemanusiaan, zakat, infaq dam shodaqoh
  3. Lembaga keuangan mikro yang menangani bidang koperasi dan perekonomian masyarakat menengah ke bawah
Pasal 7
Fokus Penerima Manfaat
Sasaran Program Kerja YTIT adalah :
  1. Guru, pengasuh, dan karyawan dari masing-masing lembaga
  2. Peserta didik dari masing-masing lembaga
  3. Masyarakat kecamatan Bangsri dan sekitarnya.
Pasal 8
Pola Pendekatan
Pola pendekatan yang akan digunakan oleh Yayasan dalam setiap permasalahan adalah pendekatan kekeluargaan.
Pasal 9
Instrumen Intervensi
Intervensi yang akan digunakan untuk menjalankan pola pendekatan musyawarah mufakat.
BAB III
ORGANISASI PELAKSANA
Pasal 10
Perangkat Organisasi
Yayasan Tarbiyatul Islamiyah Tengguli mempunyai perangkat organisasi sebagai berikut :
  1. Kepala TK
  2. Kepala madrasah
  3. Pengelola Pesantren
  4. Pengelola Balai Pendidikan dan Latihan
  5. Pengelola Zakat Infaq dan Shodaqoh
Pasal 11
Struktur Dasar
Struktur Dasar Pengelola yayasan adalah sebagai berikut :
  1. Kepala TKTA dilengkapi Komite TK dan dibantu Guru yang bertugas sebagai tenaga Tata Usaha dan pengelola keuangan
  2. Kepala MI dilengkapi Komite Madrasah dan dibantu Guru yang bertugas sebagai tenaga Tata Usaha, pengelola keuangan dan Pustakawan
  3. Kepala MTs, MA, dan MAK dilengkapi Komite Madrasah dan dibantu Wakil Kepala madrasah, Kepala Bagian Tata Usaha, Staf Administrasi, Staf Keuangan, Laboran, Pustakawan serta Guru BK.
Struktur Pelaksana
GURU
Pasal 12
(1)   Guru Madrasah harus memiliki kualifikasi umum, kualifikasi akademik, dan kompetensi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
(2)   standar kualifikasi umum sebagaimana dirnaksud pada ayat (1), meliputi:
  1. beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa;
  2. berakhlak mulia,; dan
  3. sehat jasmani dan rohani.
(3)   Selain Standar kualifikasi umum sebagaimana dimaksud pada ayat (2), guru wajib beragama Islam faham ahlussunnah wal jama’ah.
(4)   Kualilikasi akademik dirnaksud pada ayat (1), merupakan tingkat pendidikan minimal yang harus dipenuhi oleh seorang pendidik yang dibuktikan dengan ijazah dan/atau sertifikat keahlian yang relevan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.
(5)   Kompetensi sebagairnana dimaksud pada ayat (1), merupakan kompetensi guru sebagai agen  pembelajaran pada jenjang penalainan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah yang meliputi:
  1. Kompetensi pedagogik;
  2. Kompetensi kepribadian;
  3. Kompetensi profesional; dan
  4. Kompetensi sosial.
(5)   Selain kompetensi sebagaimana dimaksud pada ayat (4), guru mata pelajaran al-Qur’an Hadis, akidah akhlak, fikih, sejarah kebudayaan Islam, bahasa Arab, dan mata pelajaran pendidikan agama Islam lainnya wajib memiliki kompetensi baca tulis al-Qur’an.
Pasal 13
(l)    Guru Tetap madrasah diangkat oleh Pengurus Yayasan.
(2)   Guru Tidak Tetap madrasah diangkat oleh Kepala Madrasah
Pasal 14
(1)   Guru madrasah, dapat diberikan tugas tambahan sebagai kepala madrasah atau jabatan lain yang ada di madrasah.
(2)   Ketentuan mengenai penugasan guru sebagai kepala madrasah dan jabatan lainnya ditetapkan oleh Pengurus Yayasan.
Pasal 15
(1)   setiap TKTA wajib menyediakan 1 (satu) orang guru untuk setiap rombongan belajar.
(2)   setiap Ml wajib menyediakan 1 (satu) orang guru untuk setiap rombongan belajar.
(3)   Disamping 1 (satu) orang guru untuk setiap rombongan belajar sebagaimana dimaksud pada ayat (2), setiap MI wajib memiliki paling sedikit 1 (satu) orang guru mata pelajaran pendidikan agama Islam dan 1 (satu) orang guru mata pelajaran pendidikan jasmani dan olah raga.
Pasal 16
(1)   setiap MTs, MA, dan MAK wajib menyediakan 1 (satu) orang guru untuk setiap mata pelajaran.
(2)   Selain menyediakan guru sebagaimana dimaksud pada ayat (1), MAK wajib memiliki instruktur sesuai dengan bidang kejuruan yang diselenggarakan.
Pasal 17
Madrasah diperkenankan menerima Guru yang diangkat oleh pemerintah setelah mendapat persetujuan tertulis dari pengurus Yayasan
TENAGA KEPENDIDIKAN
Pasal 18
(1)     Tenaga kependidikan pada madrasah terdiri atas:
  1. pimpinan madrasah;
  2. tenaga perpustakaan;
  3. tenaga laboratorium;
  4. tenaga administrasi;
  5. tenaga bimbingan dan konseling;
  6. tenaga kebersihan; dan
  7. tenaga keamanan.
(2)     Pimpinan madrasah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a, terdiri atas:
  1. kepala madrasah; dan
  2. wakil kepala madrasah.
Pasal 19
(1) Tenaga kependidikan pada:
  1. TKTA paling sedikit memiliki kepala TK dan tenaga kebersihan;
  2. MI paling sedikit memiliki kepala madrasah, tenaga perpustakaan, tenaga administrasi, dan tenaga kebersihan dan
  3. MTs, MA dan MAK paling sedikit memiliki kepala madrasah, wakil kepala madrasah, tenaga perpustakaan, tenaga laboratorium, tenaga administrasi, tenaga bimbingan dan konseling dan tenaga kebersihan.
(2)     Wakil kepala madrasah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf c, paling sedikit 1 (satu) orang dan paling banyak 4 (empat) orang.
(3)     Dalam hal madrasah tidak memiliki tenaga bimbingan dan konseling sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf c, kepala madrasah dapat menugaskan guru yang memiliki kompetensi dalam bidang bimbingan dan konseling.
Pasal 20
(1) Tenaga kependidikan Tetap diangkat oleh Pengurus Yayasan
(2) Tenaga kependidikan Tidak Tetap diangkat oleh Kepala madrasah
Pasal 21
Struktur Pengelolaan Kantor Cabang
Struktur organisasi Kantor Cabang Yayasan Tarbiyatul Islamiyah Tengguli, sekurang-kurangnya terdiri dari :
  1. Seorang pengawas;
  2. Seorang ketua;
  3. Seorang sekretaris; dan
  4. Seorang bendahara
BAB III
KEBIJAKAN UMUM
Pasal 22
Pemanfaatan sumber daya manusia menuju tertibnya administrasi, dan transparansi kepemimpinan
Pasal 23
Kebijakan Penggalangan Sumber Daya
  1. Perekrutan tenaga baru di setiap lembaga disesuaikan dengan kebutuhan, baik kualitas maupun kuantitasnya.
  2. Mendorong dan memfasilitasi pengembangan diri bagi tenaga yang sudah ada melalui pendidikan formal, maupun non formal
Pasal 24
Kebijakan Pengelolaan Keuangan dan Investasi
  1. Pengelolaan keuangan dilakukan secara otonomi masing-masing lembaga
  2. Pengelolaan keuangan yang dimaksud pada ayat 1 (satu) disusun dalam RAPBM;
  3. Penerimaan bantuan keuangan yang tidak rutin dikonsultasikan pada pengurus yayasan.
  4. Setiap lembaga melaporkan keuangan kepada pengurus yayasan setiap 3 (tiga) bulan sekali.
  5. Setiap lembaga melaporkan aset lembaga kepada pengurus yayasan setiap 6 (enam) bulan sekali.
  6. Pengurus yayasan melaporkan keuangan dan aset kepada pembina yayasan setahun sekali.
  7. Penyertaan modal yayasan untuk investasi dengan pihak kedua harus melalui persetujuan pembina yayasan
Pasal 25
Kebijakan Pengelolaan Program
  1. Program jangka panjang yayasan dirumuskan dalam visi dan misi yayasan
  2. Setiap lembaga menyusun program kerja jangka menengah
  3. Program kerja jangka menengah masing-masing lembaga diuraikan dalam program kerja tahunan
BAB IV
PROGRAM DAN KEGIATAN
Pasal 26
Isu Strategis dan Tantangan
  1. Kesiapan setiap tenaga di masing-masing lembaga untuk mengikuti perubahan kebijakan pemerintah dalam hal pendidikan
  2. Pengadaan sarana prasarana untuk menunjang peningkatan mutu pendidikan
  3. Pemanfaatan sarana prasarana yang sudah ada
  4. Peningkatan kualitas lulusan dengan target yang jelas dan berjenjang
Pasal 27
Tujuan Pembaharuan
  1. Semakin besar pemahaman masyarakat akan manfaat pendidikan.
  2. Meningkatnya kualita lulusan, sehingga lulusan bisa memaksimalkan sumber daya yang dimiliki
BAB V
LAPORAN
Pasal 28
Monitoring dan Evaluasi
  1. Monitoring terhadap lembaga pendidikan dilaksanakan oleh kementerian Agama Kabupaten dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten, serta pengurus yayasan.
  2. Evaluasi terhadap kepala madrasah dilakukan oleh pengurus yayasan.
  3. Evaluasi terhadap Guru dilakukan oleh kepala madrasah
  4. Evaluasi terhadap peserta didik dilakukan oleh Guru
Pasal 29
Pelaporan
  1. Laporan hasil evaluasi kepala madrasah terhadap guru dilaporkan kepada pengurus yayasan dua kali dalam setahun, yaitu akhir bulan Juni dan akhir bulan Desember
  2. Laporan hasil evaluasi guru terhadap peserta didik dilaporkan kepada wali murid dua kali dalam setahun, yaitu akhir bulan Juni dan akhir bulan Desember
  3. Laporan semua kegiatan lembaga dalam satu tahun dilaporkan kepada pengurus yayasan paling lambat 4 bulan tahun berikutnya
  4. Pengurus yayasan menyusun laporan tahunan yang dilaporkan kepada pembina yayasan paling lambat 5 bulan tahun berikutnya
BAB VI
PENUTUP
Pasal 28
  1. Anggaran Rumah Tangga ini bisa dirubah melalui rapat pleno yayasan yang khusus membahas perubahan Anggaran Rumah Tangga
  2. Hal-hal yang belum diatur dalam Anggaran Rumah Tangga ini, diatur lebih lanjut dalam Peraturan Pengurus yayasan
  3. Anggaran Rumah Tangga ini berlaku sejak tanggal ditetapkan.
                                                                                                       Ditetapkan di  : Tengguli
                                                                                                       Tanggal             : 21 Nopember 2015
                                                                                                      Ketua Pengurus YTIT
                                                                                                    H. ABU YAZID,S.Pd.I

Tentang ahsan ahmad

Lahir di Jepara, 12 Juli 1971 Aktif di organisasi kemasyarakatan dan mengabdi di lembaga pendidikan
Pos ini dipublikasikan di Pendidikan, Sosial, Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s